Visi dan Misi

Visi

Menjadi Program Studi S3 Ekonomi Islam berbasis coursework dan by research yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan ekonomi Islam di masa depan, yang inovatif, profesional, mandiri, dan terkemuka di tingkat nasional maupun internasional, serta menjadi pelopor dalam pemecahan permasalahan ekonomidan keuangan berdasarkan moral agama Islam terutama dalam Islamic social finance di tingkat lokal, regional, nasional, internasional.

 

Misi

  1. Melakukan pendidikan bidang Ilmu ekonomi Islam,berdasarkan Al Quran dan hadist, serta ulama-ulama terdahulu dan kontemporer yang ditujukan memecahkan masalah terkini dimasyarakat terutama dalam bidang Islamic social finance.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan dan penelitian kebijakan yang inovatif untuk mendukung pengembangan ilmu, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat baik di level nasional dan internasional.
  3. Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ekonomi Islam kepada masyarakat nasional dan internasional.
  4. Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan kelembagaan dan manajemen yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing secara internasional.
  5. Mengembangkan keilmuan dalam bentuk publikasi internasional atas karya tulis mahasiswa.

 

 

Topic Disertasi 


Topik untuk disertasi meliputi semua area di Ekonomi Islam. Focus dan keahlian yang merupakan specialisasi Departemen Ekonomi Syariah FEB UNAIR adalah pada Islamic Social Finance (ISF) dimana secara definisi IRTI-IDB pada buku Islamic Social Finance report 2015 meliputi Zakat, Wakaf dan Microfinance.
The role of the Islamic social finance sector comprising zakah, awqaf and microfinance institutions in creating the above opportunities for the poor can be hardly overemphasized. (Islamic Social Finance report, IRTI-IDB, 2015)

Area penelitian ISF untuk peruntukan disertasi dapat diambil dari sisi marketing, tata Kelola, akuntansi, keuangan, pemberdayaan, economic development, dan lain sebagainya.
Mahasiswa dapat juga mengambil topik diluar Islamic Social Finance, seperti penelitian tentang perbankan Syariah, Pasar Modal Syariah, Asuransi Syariah, dan lain sebagainya.

 

Hits 11388